Mengajari Anak Berwirausaha sejak Dini

Memberikan bantuan kepada anak boleh-boleh saja, tetapi akan lebih baik jika dalam bentuk  “kail” bukan “ikan. Jadi jika anak terus-terusan dibantu ia akan menjadi manja dan tidak mau berusaha mengatasi kesulitan. Salah satu contohnya adalah bila anak menginginkan barang yang mahal orang tuanya langsung membelikannya, akan lebih baik apabila orang tuanya  bisa mengajari anak cara mendapatkannya dengan berusaha terlebih dulu. Atau orang tua bisa memberikan perjanjian akan membayar separuh harga barang itu kalau anak mau membayar separuhnya. Itu akan menjadi pelajaran akan mengerti arti uang. Berikut 2 cara sederhana untuk menunjukan kepada anak betapa berharganya uang.

1. Jangan memanjakan anak dengan memberikan uang  jajan berlebihan

2. Jangan penuhi keinginannya secara langsung.

-Pada tahap ini orang tua mangajari anak untuk menabung sebagian uang jajan untuk membeli keinginannya,bekerja keras terlebih dahulu untuk meraih uang dan hal yang diinginkan.

Pendidikan uang ini bisa dimulai pada anak mulai usia 6 tahun, karena pada usia itu anak sudah mengerti nilai uang.

Selain itu untuk melatih kepekaan anak tentang uang, ajari anak cara:

1 . Menabung

2.  Bekerja keras dulu untuk mendapatkan uang

Pengalaman Pribadiku

Saat saya masih bersekolah dasar, untuk mendapatkan uang jajan yang lebih saya pernah       membuka perpustakaan komik di rumah. Karena saking banyakknya buku yang saya koleksi maka buku2 itu saya sewa-sewakan. Tahun 90-an uang tersebut lumayan cukup untuk nambah uang jajan. Bahkan  waktu saya SMU saya pernah mengurusi toko kelontong yang sebelunya gak pernah diurus oleh ibu. dalam hal ini Ibu tak hanya mengajarkan cara menggunakan uang  tetapi tahu akan berharganya uang dan kesuksesan bisa didapatkan dengan kerja keras dan perjuangan.

Selain pelajaran tentang bekerja keras oleh ibu, saya juga mendapatkan pelajaran oleh bapak  tentang pentingnya menjadikan pekerjaan sebagai ibadah.Oleh karena itu saya tak pernah lupa menjalankan sholat dan berdoa kepada Allah SWT. Tanpa kerja keras dan doa kesuksesan tidak akan tercapai.

Pengalaman waktu kecil itu bisa saya pahami maknanya saat dewasa.


About this entry