”Serat Hidhayat Djati”

Buku ini banyak dicari para kolektor, buku karangan R NG. Ronggowarsito. Kawedhalan R.Ng Honggopradoto (1941)

Pertama dengar  buku ini, pada waktu saya hunting komik antik di pasar buku bekas, alun-alun Kraton Surakarta. waktu itu ada seorang kolektor buku dari jakarta yang khusus nyari buku ini, karena saking susahnya nyari buku ini, dia bahkan berani membayar sampai ratusan ribu.

lewat beberapa hari saya membeli buku bekas, kurang lebih 3 kardus dari seorang saudagar batik, Alhamdulilah sekali salah satu dari kumpulan buku2 bekas tersebut ada buku Serat Hidhayat Jati dan buku antik lainnya antara lain buku karangan N.s Iskandar, Abdul muis dan buku tentang keris, saking belum yakinnya esok hari buku itu saya bawa ke kolektor buku yang saya kenal. dan benar saja buku ini lumayan kuno dan banyak yang nyari.

Sampul depan bertulis :  SERAT BABONIPOEN, HIDHAYAT DJATI dhening R NG RONGGOWARSITO  (Poedjonggo Ageng Ing Nagari Soerakarta – Hadiningrat  dan Kawedhalaken R.Ng.honggopradoto (1871 – 1941)

Sebelum Halaman kedua ada secarik kertas yang berisi

Soerakarta kaping 10 Februari 1941

ATOER PAMRAJOGI DOEMATENG PARA MAOS

Sarehning serat Hidhyat Djati poenika babagan ngelmoe makrifat,ingggih kagolong serat soetji oetawi weda. Pramila manawi bade maos sasaged-saged prajogi ingkang soetji kanthi eninging panggalih,……dst.

yang jelas buku ini mengisahkan ilmu Makrifat yang diwejangi oleh para wali di tanah Jawa,dan saya sendiri kesusahan dalam membaca buku ini karena ejaan dalam buku ini ejaan lama dan berbahasa jawa…..penasaran???


About this entry